0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Presiden Kembali Tegaskan Komitmennya Berantas Pungli

timlo.net/ichsan rosyid
Presiden Joko Widodo menemui wartawan usai mengunjungi Museum Batik Danar Hadi, Minggu (16/10) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kembali menegaskan komitmennya untuk menghapuskan pungutan liar (pungli) di semua instansi pemerintah. Setiap petugas yang kedapatan melakukan pungli akan ditindak tegas tanpa toleransi.

“Kalau sampai kita dengar ada yang melakukan itu (pungli), awas! Kita akan datangi Anda,” kata dia kepada wartawan usai mengunjungi Museum Batik Danar Hadi, Minggu (16/10) siang.

Seperti diketahui Selasa (11/10) lalu Presiden membentuk Tim Operasi Pemberantasan Pungutan Liar (OPP). Sehari kemudian, nama OPP diganti menjadi Operasi Sapu Bersih Pungutan Liar alias Saber Pungli.

“Yang paling banyak berperan nanti dari Kepolisian,” kata dia.

Saber Pungli diharapkan dapat membersihkan praktek-praktek pungli di seluruh instansi pemerintah dari pusat hingga daerah. Saat ini pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum untuk tim Saber Pungli. Tujuannya agar kinerja tim tersebut bisa dipertanggungjawabkan sekaligus dasar hukum dalam melaksanakan tugas.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge