0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendikbud Tinjau Uji Kompetensi Massal

foto: Tyo Eka
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy bersama Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (foto: Tyo Eka)

Solo – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Massal di Gelanggang Bung Karno, Solo, Sabtu (15/10). Pelaksanaan Uji Kompetensi Massal tersebut diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo bekerja sama dengan Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI).

“Saya mengapresiasi Uji Kompetensi ini. Kedepan diharapkan akan menjadi agenda rutin bagi Pemkot Solo dalam rangka mendukung Gerakan Indonesia Kompeten yang telah dicanangkan pemerintah,” ujar Mendikbud di sela-sela peninjauan yang didampingi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Kepala Dinas Dikpora Solo.

Muhadjir mengingatkan, dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini, masyarakat harus waspada dan siap menghadapi semakin ketatnya persaingan global.

“Mulai tahun ini, banyak tenaga kerja dari luar negeri bebas masuk ke Indonesia. Kalau kita tidak bisa bersaing, kita sendiri yang akan tergilas oleh persaingan tersebut,” ungkap Mendikbud.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Dikpora Solo, Etty Retnowati, saat menyampaikan laporan di depan Mendikbud, mengemukakan, uji kompetensi kali ini mencatat ada 14 jenis keterampilan yang diujikan, masing-masing komputer dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang, tata busana sebanyak 131 peserta, sekretaris 100 peserta, akuntansi sebanyak 80 peserta, bahasa inggris sebanyak 155 peserta, perhotelan sebanyak 88 perserta, broadcast sebanyak 20 peserta, refleksi sebanyak 50 peserta, tata kecantikan rambut sebanyak 40 peserta, tata rias penganten sebanyak 20 peserta, tata kecantikan kulit sebanyak 30 peserta, elektronika sebanyak 78 peserta, senam sebanyak 90 peserta, pengasuh bayi sebanyak 50 peserta, dan menjahit sebanyak 130 peserta.

Untuk setiap bidang keterampilan, menurut Etty, Dinas Dikpora Solo dan HIPKI menghadirkan para penguji dari berbagai lembaga sertifikasi yang sesuai bidang-bidang tersebut. Salah satunya adalah Lembaga Sertifikasi Komputer Teknologi Informasi dan Komunikasi (LSKTIK) Jakarta yang melaksanakan uji kompetensi untuk bidang komputer dengan peserta sebanyak 200 orang.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge