0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harapan Indonesia pada Antonio Guterres

merdeka.com
Antonio Guterres (merdeka.com)

Timlo.net – Antonio Guterres terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB menggantikan Ban Ki Moon. Indonesia berharap Sekjen PBB yang baru bisa menjalankan tugas dan mandatnya sesuai dengan Piagam PBB.

“Indonesia berharap Sekjen PBB yang baru dapat melaksanakan kepemimpinan yang kuat dan imparsial, serta menunjukkan independensi, akuntabilitas, dan integritas yang tinggi. Tak hanya itu, diharapkan juga dapat menempatkan pencegahan konflik sebagai agenda utama PBB di bidang perdamaian dan keamanan,” demikian dikutip dari pernyataan pers tertulis Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jumat (14/10).

Indonesia juga berharap, Guterres mampu meningkatkan kualitas pasukan misi pemeliharaan perdamaian PBB dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, dia juga harus bisa mendorong reformasi Sekretariat PBB untuk meningkatkan akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi dalam mendukung negara anggota dalam implementasi komitmen dan agenda global.

Dalam hal ini, Indonesia sendiri senantiasa siap bekerja sama dengan dengan Sekjen PBB baru untuk menjaga perdamaian dan ketertiban dunia.

Mantan Perdana Menteri Portugal, Antonio Guterres, terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PBB berikutnya. Guterres menggantikan posisi Ban Ki-moon mulai awal 2017.

Dalam rapat majelis umum, sebanyak 15 duta besar anggota dewan keamanan telah memilih melalui enam rangkaian pemungutan suara. Berdasarkan pemungutan suara disepakatilah Guterres yang sebelumnya menjabat sebagai komisaris tinggi PBB untuk pengungsi selama 10 tahun terakhir, sebagai Sekjen PBB yang baru.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge