0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Ini, Kloter Terakhir Jamaah Haji Indonesia Tiba

Jamaah haji langsung sujud syukur setiba mereka di Bandara Adi Sumarmo, Boyolali (dok.timlo.net/setyo pujis)

Timlo.net — Penerbangan jemaah haji Indonesia Gelombang II memasuki masa akhir. Tepat hari ini, Sabtu (15/10) Kloter terakhir, SOC 74 diterbangkan ke Tanah Air menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Amir Muhammad Abdul Aziz pukul 02.30 waktu Arab Saudi.

“Alhamdulillah Kloter terakhir gelombang II take off Sabtu 15 Oktober 2016 pukul 02.30 waktu Arab Saudi dari Bandara AMAA Madinah ke Tanah Air dengan GA 8208 dengan total jumlah jemaah 346 (termasuk petugas kloter),” kata Kepala Daker Bandara Nurul Badruttamam, Sabtu (15/10).

Pesawat tersebut menurut Nurul, akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo, sekitar pukul 18.55 WIB. Total jemaah haji yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 155.993 orang. Sementara jemaah haji khusus berjumlah total 13.338 orang.

Sementara total jemaah haji wafat 342 orang, dengan perincian 318 dari jemaah haji reguler dan 24 orang jemaah haji khusus. Adapun jemaah haji yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi berjumlah 34 orang.

Jemaah haji yang merupakan gabungan dari beberapa daerah seperti Kebumen, Semarang, Demak, Salatiga, Kendal, Sragen, Magelang dan Boyolali Jawa Tengah tersebut sebelumnya dilepas oleh Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abigabriel dan Sekjen Kementerian Agama Nur Syam, beserta beberapa perwakilan dari Muassasah Adilla Arab Saudi. Bertempat di Hotel Mubarok Golden Hotel Madinah, Dubes menyebut pelaksanaan haji tahun ini adalah yang tersukses dalams ejarah Arab Saudi.

“Dari awal sampai akhir sangat-sangat sukses. Saudi sendiri mengapresiasi bahwa ini paling sukses dalam sejarah Saudi,” kata Agus Maftuh.

Khusus untuk penyelenggaraan haji Indonesia, dia memberi nilai A karena terjadi kerjasama yang baik antara berbagai pihak sehingga pelaksanaan haji dapat berjalan dengan lancar.

Pantauan merdeka.com, jemaah haji kloter terakhir mulai meninggalkan hotel sekitar pukul 22.30 waktu Arab Saudi. Setengah jam selanjutnya rombongan yang dibawa dengan menggunakan bus tiba di Bandara AMAA Madinah. Kurang dari satu jam kemudian, jemaah sudah dipersilakan check in, untuk selanjutnya terbang ke Tanah Air pada pukul 20.30 waktu Arab Saudi. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge