0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Sewa Bantaran Rel Tinggi, DPRD Surati PT KAI

dok.timlo.net/agung widodo
Warga Gondang saat mengadu ke DPRD Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – DPRD Sragen berencana menyurati PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta. Langkah ini sebagai tindaklanjut dari adanya keluhan sejumlah warga di Kecamatan Gondang terkait tingginya harga sewa di bantaran rel KA.

”Pekan depan kita akan layangkan surat resmi untuk menyelesaikan masalah dengan warga,” kata Wakil Ketua DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto, Jumat (14/10).

Namun, menurut Bambang Pur, pihaknya menunggu lebih dulu surat pengaduan dari warga. Ini sebagai dasar untuk melayangkan surat pada Daop VI Yogyakarta untuk membicarakaan masalah sewa warga bantaran rel.

Dewan akan meminta penjelasan Daop VI terkait nilai sewa yang beda-beda. Salah satu poin yang menjadi pertanyaan yakni Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebagai salah satu dasar penentuan tarif sewa.

Misalnya, ada toko dan tempat usaha yang mendapatkan NJOP sebesar Rp 14.000. Sedangkan ada harga rumah hunian warga kurang mampu dengan NJOP Rp 84.000.

Sebelumnya sejumlah warga Gondang yang menghuni bantaran rel KA ramai-ramai menggeruduk DPRD Sragen. Mereka mengadukan nasib mereka lantaran pembayaran sewa di bantaran dianggap tidak adil. Selain itu mereka merasa sewa di tanah yang dikelola PT KAI tersebut terlalu tinggi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge