0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS dan BMKG Panen Raya Jagung SLI

timlo.net/eko prasetyo
Dekan Fakultas Pertanian UNS dan Ketua BMKG Panen Raya (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan panen raya komoditas jagung hasil Sekolah Lapang Iklim (SLI), di desa Wonosari, Gondangrejo, Karanganyar, Jumat (14/10). Pada panen raya jagung tanpa pestisida ini, didapatkan hasil 10,7 ton tongkol basah per hektar atau sekitar 7,6 ton per hektar pipilan kering.

“Kegiatan panen raya ini bertajuk Panen Raya Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahap 3 KKN Tematik Integratif UNS,” jelas ketua penyelenggara, Komariah.

Menurut Komariah, SLI sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya petani mengenai iklim agar petani bisa memaksimal produktifitas hasil tani mereka.

Sementara itu, Kepala BMKG Pusat, Andy Eka Satya mengungkapkan, pemahaman iklim sangat penting karena adanya anomali iklim. Dengan adanya SLI tersebut, para petani diharapkan bisa lebih memahami iklim akhir-akhir ini.

“Kita bisa merasakan bahwa walau ada pranata mangsa, lahan sudah ada, bibit ada, waduk dan irigasi berjalan, tapi kalau musim tidak bisa bersahabat, tidak bisa diperkirakan, ya nanti tidak maksimal,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge