0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Festival Dolanan Bocah Kembali Digelar

Ketua Panitia Srawung Budaya Kecamatan Jebres, Teguh Pribadi dan Kepala Kecamatan Jebres, Kamso (pojok kanan) saat jumpa pers di Kantor Kelurahan Kepatihan Wetan, Solo, Jumat (14/10) (timlo.net/indira jayendra iswari)

Solo – Srawung Budaya Kecamatan Jebres kembali dihelat 8-9 Desember 2016 mendatang di Halaman Kantor Kecamatan Jebres Surakarta. Gelaran tahun ke-3 bertajuk Festival Dolanan Bocah, akan diramaikan 11 kelompok dolanan bocah perwakilan dari 11 kelurahan di wilayah Kecamatan Jebres.

“Dinamakan Srawung Dolanan Bocah karena kami ingin mengangkat kembali seni masyarakat, terlebih di kalangan anak-anak. Mengingat semakin berkembangnya permainan modern, warisan berupa dolanan ini perlu kita jaga agar generasi mendatang turut bangga mengenal leluhurnya,” ujar Panitia Pelaksana Srawung Budaya Kecamatan Jebres, Teguh Prihadi saat jumpa pers di Kantor Kelurahan Kepatihan Wetan, Solo, Jumat (14/10).

Selain akan digelar berbagai potensi kesenian yang terdapat di masyarakat setempat dan institusi di wilayah Kecamatan Jebres dan gelar kuliner. Dijelaskan Teguh, institusi yang turut menyemarakkan gelar seni budaya masyarakat Jebres meliputi sanggar-sanggar, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Universitas Sebelas Maret (UNS), dan SMKN 8 Solo.

“Kami menumbuhkan tali silaturahmi antar masyarakat di Jebres melalui kegiatan seni, maka kami ajak juga institusi tersebut yang berlokasi setempat,” jelasnya.

Ia menambahkan, agar saat membahas dolanan bocah berjalan baik, bakal diadakan Sarasehan Budaya di Pendhapa SMKN 8 Solo pada Senin (17/10) mendatang. Menghadirkan BRM. Bambang sebagai narasumber dengan tema ‘Dolanan Bocah Tradisional dan Kreatifitas Kekiniannya’.

“Selain tamu undangan, masyarakat umum boleh hadir menjadi peserta diskusi,” ujar Kepala Kecamatan Jebres, Kamso.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge