0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tolak Kapal Isap, Ribuan Warga Gelar Demo Damai

dok.merdeka.com
Demo antikapal isap di Belitung ©istimewa (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Ribuan warga Belitung, hari ini, demonstrasi menolak aktivitas kapal isap di perairan laut pering Kabupaten Belitung Timur. Massa yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Belitong Mengusir Kapal Isap (Kamek) menggelar aksi di Pantai Sengaran, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur.

“Demo itu kan respons publik di Belitung, hari ini ribuan yang tergabung dalam Kamek,” kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bangka Belitung Ratno Budi kepada merdeka.com, Jumat (14/10).

Massa menuntut Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Menteri ESDM, Menteri BUMN, Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk mencabut semua izin tambang laut yang ada saat ini, termasuk izin eksplorasi di semua wilayah laut Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Kedua, menghentikan semua proses perizinan penambangan luat yang sedang berlangsung di semua wilayah laut Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Ketiga, mengambil tindakan hukum atas pelanggaran izin kegiatan penambangan laut yang sedang terjadi dan akan terjadi di wilayah laut Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Keempat, mengusir kapal isap produksi (KIP), peralatan, perusahaan dan segala jenis aktivitas terkait penambangan laut dari wilayah Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Kelima, menyatakan dan menetapkan bahwa perairan laut di Pulau Belitung dan sekitarnya terlarang bagi segala aktivitas pertambangan, dan segala kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan hidup dan pariwisata.

“Ada panggung rakyat yang akan dihadiri dua bupati, Belitung Timur dan Belitung untuk menandatangani petisi mendesak gubernur mencabut izin pertambangan laut yang sudah dikeluarkan tiga milik swasta dan satu milik PT Timah,” terang Ratno.¬†[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge