0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dorong Transaksi Non Tunai, BI Uji Coba e-Ticketing BST

timlo.net/ichsan rosyid
Siswa Siswi SMP menjajal e-ticket BST di halaman Bank Indonesia, Kamis (13/10) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Bank Indonesia menguji coba e-ticketing Batik Solo Trans (BST), Kamis (13/10). Pembayaran elekotronik tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat beralih menuju transaksi nontunai. Sebagai tahap awal, uji coba menyasar siswa-siswi SMP di Solo yang banyak menggunakan jasa transportasi massal di Solo itu.

“Kita bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) ingin mengedukasi masyarakat pentingya transaksi nontunai,” kata Kepala Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto.

Dengan penerapan e-ticketing BST, pengguna jasa tidak perlu lagi membayar secara tunai. Pembayaran cukup dilakukan dengan menempelkan e-money yang diterbitkan pihak perbankan. Saat ini, baru BRI dengan e-money-nya, Brizzi yang bisa digunakan untuk pembayaran BST.

“Kita berharap setelah uji coba ini, semua kartu dari bank-bank lain bisa menyusul,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Sudrajad menerangkan e-ticketing BST baru diberlakukan di koridor 1 dan 2. Ia menargetkan pada tahun 2017 bisa dikembangkan ke tiga koridor lain. Selanjutnya, pada tahun 2018, seluruh 14 koridor ditargetkan sudah bisa melayani transaksi nontunai.

“Nanti tidak hanya kartu dari bank saja. Kita harapkan kartu pelajar juga bisa dipakai untuk membayar,” kata dia.

Sebagai infromasi, pembayaran elektronik sebenarnya sempat diterapkan di BST pada tahun 2013 silam. Merangkul sejumlah bank, PT Batik Solo Trans menerbitkan kartu khusus untuk pembayaran BST. Namun program tersebut berhenti karena mesin Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan sering bermasalah terutama bila mengalami goncangan.

Kini Dishubkominfo berambisi menghidupkan kembali pembayaran elektronik tersebut sebagai bagian dari sistem Smart City di Solo. Pembayaran elektronik diklaim dapat menekan penyelewengan karena penerimaan langsung masuk ke rekening perusahaan.

“Pendapatan perusahaan bisa meningkat karena bisa meminimalisir kebocoran,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge