0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Konsep Integrasi KA Bandara Terus Dimatangkan

timlo.net/setyo puji s
Manager Operasi dan Teknik Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya W (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Pematangan konsep integrasi moda transportasi, dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo terus dilakukan. Hal itu dikarenakan, pada semester pertama 2019 ditargetkan proyek pembangunan tersebut sudah bisa diselesaikan.

“Saat ini proses schedule, desain dan alternatif-alternatif jalur dipintu masuk Bandara terus kita matangkan. Supaya setelah ada keputusan dari konsorsium tiga instansi nanti kita sudah siap,” ujar Manager Operasi dan Teknik PT AP I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya Wijanarka kepada wartawan, Kamis (13/10).

Dirinya mengatakan, rencana pembangunan jalur KA ini akan langsung berada di dekat terminal sebelah barat. Peron stasiun bandara nantinya akan berada di lantai II. Sementara pembangunan jalur kereta akan disambungkan dengan trase tol sehingga jalan tol dan jalur kereta akan berdampingan.

“Kurang lebih ada sekitar 13 Km jarak antara stasiun Solo Balapan hingga Bandara. Hanya saja saat ini kita masih perlu memastikan pintu keluar tol, karena pembangunan rel menuju bandara membutuhkan lahan yang lebar dan tidak bisa langsung belok begitu saja,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, semua anggaran yang diperuntukan untuk membangun proyek integrasi moda itu non APBN. Sehingga semua biaya ditanggung bersama oleh tiga instansi, yaitu PT Angkasa Pura I, PT KAI dan PT Adhi Karya.

“Kita berharap semua persiapan ini berjalan dengan lancar. Karena target kita pada semester pertama 2019 proyek pembangunan sudah rampung dan bisa dioperasikan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge