0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikepung Lima Gunung, Kemampuan Relawan SAR Magelang Ditingkatkan

Peserta latihan jungle rescue Kabupaten Magelang | Humas Basarnas/Affandi
(Peserta latihan jungle rescue Kabupaten Magelang | Humas Basarnas/Affandi )

Magelang – Relawan kemanusiaan di Kabupaten Magelang tidak jarang harus berjibaku mencari, mengevakuasi dan menyelamatkan korban di hutan dan pegunungan. Ini tidak lepas dari pangkalan mereka terletak di antara lima gunung yang sering memunculkan berbagai jenis bencana, yakni Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo dan Menoreh.

“Karena itu, kami mempersiapkan diri dengan kemampuan relawan yang lebih baik,” ujar Bupati Magelang, Zaenal Arifin, saat membuka pelatihan SAR hutan gunung (jungle rescue) di Kecamatan Srumbung, yang diikuti 80 orang relawan, Kamis (13/10).

Latihan tersebut berlangsung sejak Rabu (12/10) hingga Minggu (16/10). Tak hanya di kelas, selama lima hari sebagian besar latihan di gelar di medan perbukitan Jurangjero, dengan pelatih dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

Kepala Kantor SAR Semarang, Agus Haryono menyebut materi yang dilatihkan meliputi pertolongan pertama pada korban,membaca peta, kompas dan bertahan hidup (survival) di gunung.

“Kami berikan materi pelatihan sesuai kebutuhan, sehingga nantinya bisa langsung diaplikasikan di alam bebas saat menjalankan misi SAR,” ujarnya.

Editor : Ari Kristyono

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge