0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

84 Orang Meninggal Akibat Terjangkit AIDS

Peringatan Hari AIDS Sedunia (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen –Jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sragen cukup memprihatinkan. Sebanyak 84 orang diketahui meninggal dunia akibat terjangkit penyakit yang mematikan tersebut. Untuk mengantisipasi, Pemkab Sragen menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemangku Kebijakan Penanggulangan HIV/AIDS.

“Maksud Rakor ini untuk mencari solusi dalam meminimalisisr penularan virus HIV di tempat risiko tinggi di Kabupaten Sragen, mengkoordinasikan lintas sektor penanggulangan dan pencegahan HIVdi tempat-tempat risiko tinggi di wilayah Kabupaten Sragen” kata Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sragen, Haryoto, Kamis (13/10).

Haryoto mengungkapkan, sejak tahun 2000 hingga September 2016 ini tidak kurang dari  84 orang meninggal dunia atau sebanyak 13 persen. Sedangkan yang positif terkena virus HIV sebanyak  223 orang atau 36 persen dan terkena AIDS sebanyak 329 orang atau 51 persen.

Menurut Haryoto, Rakor HIV/AIDS bertujuan untuk membahas peran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Sragen dalam pencegahan dan penanggulanagan HIV/AIDS. Selain itu juga untuk sosialisasi tentang Peraturan Daerah (Perda) dan Perbup tentang Pencegahan dan Penanggulanagan HIV/AIDS di Kabupaten Sragen.

Haryoto mengharapkan, semua pemangku kebijakan untuk terlibat aktif. Seperti Kementerian Agama (Kemenag) Sragen agar memberikan himbauan kepada calon pengantin untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan termasuk HIV/AIDS. Dinas Kesehatan juga dihimbau untuk memulai tes HIV/AIDS bagi ibu hamil di wilayah Kabupaten Sragen, dan memberikan sosialisasi pengetahuan HIV/AIDS.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge