0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kesaksian Polisi Australia Dinilai Tak Sesuai KUHAP

merdeka.com
Jessica Kumala Wongso (merdeka.com)

Timlo.net – Majelis hakim dalam sidang dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso diminta mengesampingkan kesaksian dari anggota Kepolisian di New South Wales, Australia, Jhon Jesus Torres. Tim penasihat hukum Jessica menilai, kesaksian Torres bersifat De Auditu yaitu bukan berdasarkan penglihatan dan pendengaran langsung.

Istilah lain hanya mendengar dari orang lain yang disebut juga dengan kesaksian tidak langsung.

“Kebenarannya dia tidak pernah lihat dan saksikan. Torres tidak bisa dihadirkan sebagai saksi dan tidak sesuai KUHAP,” kata Ketua tim penasihat hukum terdakwa Jessica, Otto Hasibuan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (13/10).

Sebagaimana diketahui pada sidang ke-25 tanggal 26 September 2016, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan Torres sebagai saksi. Pada kesaksiannya, Torres hanya membacakan 14 catatan kepolisian atas nama Jessica Kumala Wongso.

Otto menilai, catatan laporan kepolisian tersebut tidak ada hubungannya dengan kasus kematian Mirna karna racun sianida. Bahkan Otto mengatakan Torres pun mengakui catatan kepolisian tersebut tidak ada relevansinya dengan catatan laporan kepolisian yang dia beberkan.

“Dengan demikian, catatan kepolisian Torres tidak berkaitan, dan sudah seharusnya dikesampingkan,” tegas Otto.

Pernyataan Otto itu dikuatkan dengan adanya surat dari lembaga kepolisian di New south Wales yang menyebut surat itu juga sudah disahkan oleh Konsulat Jenderal RI.

“Menyatakan tidak ada record kriminal dari terdakwa. Ini dapat mengalahkan keterangan Torres yang hanya dari laporan,” ungkap Otto.

Adanya bukti surat itu membuat Otto menyimpulkan bahwa kliennya itu tidak memiliki catatan kriminal di Australia. Artinya, semua hal yang berkaitan tentang catatan Torres, tidak bisa dipakai untuk mendukung tuntutan jaksa terhadap Jessica.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge