0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun 2017, UNS Buka D-IV Hukum Pencatatan Sipil

Lokakarya Nasional Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi D-IV Hukum Pencatatan Sipil (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Menyongsong pembukaan Program Studi Pendidikan Diploma IV (D-IV) Hukum Pencatatan Sipil, UNS menggelar Lokakarya Nasional Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi D-IV Hukum Pencatatan Sipil, di Solo, Kamis (13/10). Prodi D-IV Hukum Pencatatan Sipil akan dibuka tahun akademik 2017/2018..

“UNS merupakan perguruan tinggi pertama yang mendirikan dan membuka program studi tersebut,” tandas Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS di depan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Prof Zaudan Arif Fakrulloh SH, MH dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo serta peserta lokakarya.

Ravik mengatakan, pendidikan vokasi program D-4 Hukum Pencatatan Sipil bertujuan menyediakan sumber daya manusia lulusan yang akan diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan aparatur di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di kabupaten/kota, utamanya untuk wilayah Indonesia timur dan wilayah pemekaran.

“Sasarannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pencatatan sipil kepada masyarakat,” jelasnya,

Program studi ini memiliki potensi mahasiswa berasal dari lulusan SMU, pegawai tugas belajar di propinsi dan kabupaten/kota dan pegawai tugas belajar di Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Menurut Ravik, beban studinya sekurang-kurangnya 144 SKS atau sebanyak-banyaknya 160 SKS, dengan komposisi mata kuliah 40 % kurikulum inti atau teori dan 60% kurikulum institusional atau praktek. Adapun lama studi, menurut Ravik, minimal 8 semester atau maksimal 12 semester, dengan lulusan bergelar sarjana sains terapan hukum pencatatan sipil atau SSTH Capil.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge