0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Tahun, Kemendagri Pecat 24 Pegawai

dok.merdeka.com
Mendagri Tjahjo Kumolo (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak 24 pegawai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terbukti melakukan tindak pungutan liar (pungli) dalam kurun dua tahun terakhir. Semua pelaku diklaim menerima sanksi tegas dari institusi.

“Upaya Kemendagri dalam mencegah pungli kita sudah memberhentikan 24 pegawai internal Kemendagri yang terbukti melakukan pungli. Ada yang kita pecat, ada yang digeser jabatannya, dan ada yang mengundurkan diri secara sukarela,” ujar Mendagri, Tjahjo Kumolo, Rabu (12/10).

Tjahjo menjelaskan, pungli biasanya terjadi ketika masyarakat mengurus data kependudukan dan catatan sipil seperti e-KTP, akta kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Identitas Anak. Dia menegaskan bahwa mengurus data kependudukan dan catatan sipil itu gratis.

Menurutnya, masyarakat juga harus dipermudah dan dipercepat dalam mengurus data kependudukan dan catatan sipil.

“Kemendagri harus memberi pelayanan yang terbaik tanpa ada pungutan. Waktunya juga dipercepat, dari yang semula 1 Minggu kalau bisa cukup satu hari saja,” ujar Tjahjo Kumolo.

Selain itu Tjahjo Kumolo juga mengakui dalam pekan ini setidaknya ada 12 staf Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil ) yang dipanggil KPK untuk dimintai keterangan.

“Minggu ini ada 12 staf kami di Dukcapil eselon II dipanggil oleh KPK,” ujarnya.

[ang]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge