0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencari Suaka dan WNA Ilegal Diamankan

17 WNA terjaring razia imigrasi (merdeka.com)

Timlo.net — Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta berhasil mengamankan 17 warga negara asing. Mereka terjaring petugas di beberapa lokasi yang tersebar di sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

Ke-17 orang tersebut diamankan karena tidak memiliki surat-surat ijin tinggal di Indonesia maupun paspor. Dari 17 warga negara asing tersebut, empat di antara anak-anak. Mereka tertangkap di rusunawa, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (12/10).

Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Alif Suadi mengatakan, keberhasilan itu berkat kerja sama Tim Pengawasan Orang Asing. Hasilnya cukup memuaskan, di mana 17 warga negara asing diketahui tinggal di Indonesia secara ilegal.

17 Warga asing tersebut, antara lain sembilan berasal dari Pakistan, tiga China, satu Afrika, dua Thailand, satu Filipina, dan dua lagi belum teridentifikasi.

“Selain tidak bisa menunjukkan surat-surat tinggal di Indonesia. Mereka di antaranya ada yang hanya menunjukkan surat UNHCR saja, itu satu keluarga dari Pakistan,” katanya.

Lanjut Alif, surat dari UNHCR merupakan kartu pengenal para pengungsi yang mencari suaka. Dalam hal ini memang ada perlakuan khusus, mengingat di Indonesia mengenal hak asasi manusia.

“Untuk para pengungsi kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya.

Sedangkan, tim juga menjaring warga negara China saat berada di dalam toko.

“Mereka diindikasi bekerja di sini, dan sebagian yang tertangkap di Rusunawa Cengkareng dan beberapa apartemen,” ujarnya.

[tyo]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge