0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Periode Kedua Tax Amnesty, Peminat Masih Sepi

Ruang tunggu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Antusias wajib pajak yang ingin memanfaatkan program tax amnesty awal periode kedua ini masih sepi. Hal itu terlihat, dari banyaknya kursi kosong yang ada di ruang tunggu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo pada Rabu (12/10).

“Animo wajib pajak memang belum begitu terlihat kalau masih awal periode seperti ini. Bahkan saat ini, rata-rata perhari hanya dikisaran 10-15 wajib pajak yang dilayani petugas,” ujar Kepala KPP Pratama Solo, Eko Budi Setyono kepada wartawan.

Kendati demikian ia optimis, pada periode kedua program tax amnesty atau dari Oktober hingga Desember nanti diprediksi masih banyak wajib pajak yang ingin mendeklarasikan hartanya. Hal itu lantaran tarif uang tebusan hanya selisih sedikit dengan periode sebelumnya.

“Selama periode kedua ini, besaran tarif uang tebusan hanya tiga persen dari harta yang dilaporkan. Besaran itu hanya naik satu persen jika dibanding pada periode awal sebelumnya,” jelas dia.

Pihaknya juga menghimbau agar para wajib pajak, khususnya pelaku UMKM bisa memaksimalkan waktu diawal periode. Tujuannya agar tidak ada penumpukan pelaporan, khususnya pada saat batas akhir periode tax amnesty berlangsung.

“Kebiasaan masyarakat kita itu baru sadar kalau sudah mendekati batas akhir. Bahkan pengalaman pada periode sebelumnya, saat menjelang penutupan itu lonjakan pelaporan sangat signifikan atau mencapai ratusan orang dalam sehari,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge