0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Gelar Sayembara Desain Tiga Gedung Ikonik

Wayang Orang Sriwedari (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota Solo menggelar sayembara desain Gedung Wayang Orang, Masjid Agung Surakarta, dan Surakarta Convention and Expo Center di Solo. Sistem sayembara dipilih dengan harapan meningkatkan paritisipasi masyarakat dalam pembangunan kota. Di samping itu, Pemkot mengharapkan desain yang berkarakter untuk tiga bangunan yang bakal menjadi ikon Kota Solo itu.

“Kita memberi kesempatan bagi peserta untuk berimprovisasi. Tapi tetap ada kisi-kisi dari aspek pola tata ruang. Karena semua kan ada kriteria yang harus dipenuhi, terutama masjid,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota Solo, Agus Witiarso, Selasa (11/10).

Pemkot menetapkan kriteria Gedung Wayang Orang (GWO) berkapasitas minimal 1500 orang dengan berbagai fasilitas pendukung seperti perpustakaan, museum, galery, dan food court. Sedangkan Masjid Agung Surakarta harus bisa menampung 8 ribu jamaah. Dan untuk Convention and Expo Center, nantinya akan dibangun di lahan seluas 36 ribu meter persegi di kawasan Pedaringan.

“GWO dan Masjid Surakarta nanti di Sriwedari. Karena berdasarkan kajian arkeologis kami kawasan Sriwedari yang harus dipertahankan ada tiga yaitu GWO, Radya Pustaka dan Segaran,” kata dia.

Masyarakat yang ingin mengikuti sayembara bisa mendaftar melalui kantor DTRK di kompleks Balaikota Solo atau melalui email wayangorangsolo@gmail.com, masjidrayasolo@gmail.com, dan expocentersolo@gmail.com. Peserta yang memerlukan keterangan lebih lanjut bisa mencari informasi melalui website http://lpse.surakarta.go.id/eproc/app atau langsung mendatangi kantor DTRK Rabu (12/10) pukul 09.00 WIB untuk penjelasan sayembara (aanwijzing).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge