0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Via Voting, Mohammad Saleh Gantikan Irman Gusman

merdeka.com
Pimpinan DPD Wilayah Barat Muhammad Saleh (merdeka.com)

Timlo.net — Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah memilih senator asal Bengkulu Mohammad Saleh sebagai Ketua DPD definitif menggantikan Irman Gusman. Keputusan itu diambil melalui mekanisme pemungutan suara (voting). Saleh mengantongi 61 suara dari 116 suara anggota DPD yang hadir.

Perolehan suara Saleh mengungguli Wakil Ketua DPD GKR Hemas diurutan kedua dengan 31 suara dan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad diurutan ketiga dengan 23 suara.

Pimpinan sidang yang juga senator asal Bengkulu, Maimanah Umar mengatakan, dengan hasil tersebut, Saleh ditetapkan sebagai Ketua DPD yang baru. Sementara, GKR Hemas akan menjabat sebagai Wakil Ketua DPD I dan Farouk Muhammad menjadi Wakil Ketua DPD II.

“Dengan persetujuan sidang paripurna, menetapkan Saleh sebagai Ketua dan Saudara Ratu Hemas sebagai Wakil Ketua I, dan Farouk sebagai Wakil Ketua II,” kata Maimanah di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/10).

Maimanah mengucapkan selamat atas terpilihnya Saleh. Dia berharap, Saleh dapat menjalankan kinerja dan tugas dengan baik demi kepentingan rakyat dan daerah.

“Kami ucapkan selamat atas terpilihnya pimpinan DPD terpilih. Kami berharap pimpinan terpilih ini dapat menjalankan kinerja dalam tugas konstitusional untuk kepentingan rakyat dan daerah,” ujar Maimanah.

Setelah ini, agenda rapat akan dilanjutkan dengan pelantikan serta pembacaan janji dan sumpah jabatan sebagai Ketua DPD yang baru.

Irman diketahui ditetapkan sebagai tersangka pengurusan kuota impor gula di Sumatera Barat oleh KPK. Irman pun menolak dicopot dari jabatannya. Dia keukeuh tidak bersalah dan mengajukan gugatan ke pengadilan terkait kasusnya dan pencopotan dirinya sebagai ketua DPD.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge