0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satu Juta Bibit Lele Untuk Memicu Produktifitas

dok.timlo.net/nanin
Pembagian bibit lele bantuan dari Kementerian Kelautan-dan-Perikanan dan Kelautan (KKP) untuk peternak lele di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebanyak 20 kelompok peternak ikan mendapat bantuan bibit lele dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Total bantuan bibit lele sebanyak 1 juta dan dibagikan dalam tiga tahap. Tak hanya bibit, petani juga mendapatkan bantuan pakan dan indukan.

“Untuk bibit lele kita bagikan ke 20 kelompok tersebar di wilayah Boyolali, kecuali Musuk dan Selo,” kata Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali, Naryanto, Selasa (11/10).

Dijelaskan, untuk bantuan bibit dibagikan dalam tiga tahap, tahap pertama sebanyak 200 ribu,tahap kedua sebanyak 300 ribu dan sisanya dibagikan tahap berikutnya. Sedangkan untuk bantuan pakan diberikan kepada kelompok ternak di Kecamatan Karanggede dan Banyudono. Untuk bantuan indukan lele, diberikan sebanyak 30 paket induk yang satu paket terdiri dari 10 betina dan lima pejantan, kepada 10 kelompok ternak.

“Tujuan bantuan ini untuk memicu produktifitas, sekaligus mengajak kelompok untuk bisa menyediakan bibit lele,” tambahnya.

Diakui Naryanto, pemberian bantuan bibit lele ini, sangat membantu para petani lele. Pasalnya, selama ini, meski Boyolali dikenal sebagai sentral lele, namun persoalan bibit menjadi kendala.

“Kita sejauh ini belum mampu penuhi permintaan bibit lele,” pungkasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge