0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kabupaten Sukoharjo Dapat Anugerah Kawastara Pawitra

dok.timlo.net/tyo eka
Sebanyak 113 kabupaten/kota Indonesia akan mendapatkan anugerah Kawastara Pawitra (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 113 kabupaten/kota Indonesia akan mendapatkan anugerah Kawastara Pawitra dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Diantaranya Kabupaten Aceh Besar, Bantul, Morowali, Sukoharjo, Kota Ambon, Salatiga, Yogyakarta, Semarang dan sebagainya.

“Anugerah diberikan karena memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) baik dengan APBD maupun dana masyarakat,” jelas Siswandari, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada wartawan, di Solo, Selasa (11/10).

Siswandari mengemukakan, PPCKS adalah program pemerintahan di bawah Kemendikbud yang diimplementasikan secara tersandar di seluruh Indonesia yang berdampak sangat baik bagi manajemen sekolah dan terjamin sustainabilitynya, Hampir tujuan tahun ini sudah sekitar 700 kali PPCKS diimplementasikan pada 334 atau sekitar 65% kabupaten/kota.

Itu artinya, lanjut Siswandari, setiap minggu ada sekitar tiga kegiatan penyiapancalon kepala sekolah, dimana kegiatan ini melibatkan lebih dari 800 asesor dan lebih dari 500 master trainer.

Menurut Siswandari, pemerintah melalui Permendiknas No 6 Tahun 2009 yang diperbarui dengan Permendikbud No. 39 tahun 2012 dan diperbarui lagi dengan Permendikbud No 17 tahun 2015 tentang Struktur dan Tata Kerja LPPKS menganahkan kepda lembaga ini untuk melaksanakan penyiapan, pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah.

“Amanah ini akan dapat dilaksanakan dengan baik jika didukung oleh seluruh stakeholders baik internal maupun eksternal,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge