0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia Juara Lomba Desa Ramah Lingkungan

dok.timlo.net/aditya wijaya
Wakil Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan penghargaan kepada desa terbersih (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Desa Pakisan, Kecamatan Cawas menyabet juara pertama Lomba Desa/Kalurahan Ramah Lingkungan tahun 2016. Penghargaan bagi desa yang peduli lingkungan tersebut diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Klaten.

“Lomba ini digelar untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat tentang pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu juga mewujudkan kabupaten Klaten yang bersih sehat, hijau, dan berwawasan lingkungan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) BLH Klaten, Alwan Sumardiyanto, Selasa (11/10).

Diterangkan, penilaian lomba selama kurun waktu Juli dan Agustus yang diikuti 25 desa/kalurahan itu melibatkan belasan personel BLH dan PKK. Adapun indikator penilaiannya meliputi, organisasi masyarakat bidang lingkungan, pengelolaan sampah, sanitasi lingkungan,sistem konservasi air, pencemaran udara, dan lain-lain.

Wakil Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, keberhasilan pengelolaan sampah yang terjadi selama ini tidak lepas dari peran anggota PKK desa/kalurahan yang setiap saat selalu mendapat sosialisasi dan arahan pentingnya mengelola sampah. Mereka kebanyakan sudah melakukan pemisahan sampah plastik dan non plastik, sekaligus pemanfaatannya.

“Peran anggota PKK kecamatan desa/kalurahan hingga RT/RW cukup besar dalam keberhasilan pengelolaan sampah rumah tangga,” kata Wabup Sri Mulyani dalam acara penyerahan pemenang lomba di Ruang Rapat B2 Setda Klaten.

Sementara, Kepala Desa Pakisan F Dedy Sukardi mengaku, pengelolaan sampah yang dilakukan warganya hanya bersifat mengurangi. Meski demikian, pihaknya bersyukur meraih juara pertama dan berhak menerima piagam dan hadiah sebesar Rp 15 juta.

“Sebenarnya kami hanya bersifat mengurangi, karena pengelolaannya (sampah) berat. Setelah dikurangi material sampah yang disetorkan ke Bank Sampah, sisanya ditempatkan di galian lubang sampah yang tersedia di hampir setiap rumah tangga,” akunya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge