0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dubai Bangun Menara Lebih Tinggi Dari Burj Khalifa

Burj Khalifa. (Dok: Timlo.net/ boonedam.us)

Timlo.net—Dubai mulai mengerjakan pembangunan sebuah menara yang akan lebih tinggi dari Burj Khalifa, Senin (10/10). Burj Khalifa sendiri saat ini merupakan gedung pencakar langit paling tinggi di dunia.

Penguasa Dubai, Syeik Mohammed al-Maktoum melakukan peletakan batu pertama di menara yang disebut The Tower di Dubai Creek Harbour. “Menara itu akan menjadi menara tertinggi di dunia saat selesai pada 2020,” tulis rilis pers dalam upacara peletakan batu pertama.

Pengembang raksasa Dubai, Emaar Properties mengumumkan rencana untuk membangun menara itu pada April 2016, berkata jika bangunan baru itu akan lebih tinggi dibandingkan Burj Khalifa. Burj sendiri memiliki tinggi 828 meter.

Emaar sendiri tidak mengungkapkan berapa tinggi bangunan ini. Pada saat itu, Emaar menyatakan jika menara itu memerlukan biaya pembangunan sebesar $1 milyar. Menara itu didesain oleh arsitek asal Spanyol Santiago Calatrava Valls. Bangunan ini akan menyediakan tempat observasi 360 derajat untuk melihat kota pantai.

Kepala Emaar, Mohamed Alabbar berkata jika bangunan itu akan selesai sebelum the Expo 2020 trade fair yang digelar di Dubai. Bangunan ini akan berbentuk ramping, mirip dengan menara mesjid dan akan ditanamkan ke tanah dengan kabel-kabel yang kuat.

Dubai sendiri memiliki reputasi karena belasan bangunan pencakar langit dengan desain futuristik. Belasan bangunan itu menghiasi langit kota tersebut.

Sumber: India Times.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge