0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengawal Setia Presiden Soekarno Tutup Usia

Kolonel Maulwi Saelan (merdeka.com)

Timlo.net — Pengawal setia Presiden Soekarno, Kolonel (Purn) Maulwi Saelan meninggal dunia Senin (10/10) sore. Mantan Wakil Komandan Resimen Tjakrabirawa ini meninggal dunia dalam usia 88 tahun di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta Selatan sekitar pukul 18.30 WIB.

“Iya, barusan saya mendapatkan kabar,” kata mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko.

Maulwi Saelan mengawal Bung Karno dari tahun 1962-1966. Dia sempat dipenjara 5 tahun oleh Orde Baru karena menolak memberi kesaksian palsu soal keterlibatan Bung Karno dalam peristiwa G30S. Maulwi memilih dipenjara daripada bicara tak sesuai fakta.

Dia kemudian dibebaskan tahun 1972. Namun harus berhenti dari dinas militer. Di masa tua, Maulwi mengelola Yayasan Pendidikan Al Azhar di Kemang.

Sebelum meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Maulwi Saelan sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah kurang lebih tiga pekan dan kondisi sempat membaik. Namun, kondisinya kembali menurun dan dibawa ke ICU Rumah Sakit Pertamina.

Berdasarkan data yang dilansir oleh tim media PSSI, Maulwi Saelan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina, pukul 18.30 WIB. Rencananya dia akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Selasa (11/10).

[ian]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge