0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Konsumsi Ikan Rendah, KKP Gelontorkan Cold Storage Kapasitas 30 Ton

Direktur Sistem Logistik Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Sadullah Muhdi (tengah), didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Solo, Weni Ekayanti (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Tingkat konsumsi ikan di Kota Solo termasuk paling rendah dibanding kota-kota lain. Hanya 10,93 Kg/Kapita/tahun setara ikan segar. Angka tersebut jauh di bawah konsumsi nasional yang mencapai 41 Kg/Kapita/Tahun.

“Dari Angka pola pangan harapan saja masih jauh. Minimal 31,4 Kg/Kapita/Tahun,” kata Direktur Sistem Logistik pada Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Sadullah Muhdi, Senin (10/10).

Hal ini, menurutnya, disebabkan karena jarak Solo yang jauh dari laut. Selain itu, infrastruktur pendukung seperti cold storage dan truk pendingin yang ada masih sangat minim. Akibatnya, harga ikan di Solo termasuk mahal dibanding daerah lain yang lebih dengan laut.

Melihat kondisi tersebut, Sadullah berencana memberi bantuan kepada Pemerintah Kota Solo berupa cold storage dan mobil distribusi ikan. Menurutnya, paling tidak Solo membutuhkan cold storage dengan kapasitas 30 Ton untuk menampung pasokan ikan. Bantuan tersebut diharapkan dapat terealisasi tahun 2017 mendatang.

“Kita lihat dulu nanti bagaimana. Mudah-mudahan tahun depan bisa,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Solo, Weni Ekayanti menerangkan Pemerintah Kota Solo sebenarnya telah memiliki cold storage berkapasitas 3 Ton di kompleks Kantor Dinas Peternakan Solo. Namun selama ini fasilitas tersebut hanya digunakan untuk menyimpan daging sapi.

“Kalau memang dibutuhkan bisa saja nanti sebagian dialokasikan untuk ikan. Itu (cold storage) kan masih ada yang kosong,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge