0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir Bandang Eromoko Telan Kerugian Ratusan Juta

Relawan, warga, TNI dan Polri menyingkirkan batang kayu yang menyumbat aliran sungai (istimewa)

Wonogiri — Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Eromoko kini dalam tahap pemulihan. Akibat bencana tersebut, belasan rumah rusak, dan puluhan jiwa terpaksa dievakuai. Sejumlah areal pertanian terancam gagal panen, serta sejumlah fasilitas umum rusak. Kerugian materiil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Total kerugian akibat bencana alam di empat desa itu sekitar Rp 146 juta,” ungkap Camat Eromoko Danang Erawanto, Senin (10/10).

Menurut dia, banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (8/10) sore itu menerjang empat desa. Yaitu Desa Sindukerto, Baleharjo, Minggarharjo dan Pucung. Dalam tahap pemulihan ini, ada rumah warga yang terdampak longsoran belum dapat di evakuasi.

“Ada satu rumah warga di Desa Sindukerto yang belum dibersihkan, selain banyaknya timbunan material longsoran. Faktor curah hujan mempengaruhi proses itu. Sebab kemungkinan masih ada longsor susulan, jadi kami menunggu kondisi aman dulu,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, di Desa Pucung, genangan air diakibatkan mampatnya luweng. Ada 14 rumah yang yang tergenang luapan air. Namun pemilik rumah sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman. Relawan, warga, TNI dan Polri melakukan upaya evakuasi barang-barang dan hewan ternak milik warga.

“Kerugian di Desa Pucung ini ditaksir mencapai Rp 74 Juta, ” katanya.

Banjir di Desa Minggarharjo, lanjut dia, menggenangi tujuh rumah warga. Kemudian di Desa Baleharjo, banjir disebabkan meluapnya air Waduk Song Putri, mengakibatkan empat rumah rusak tepatnya di Dusun Kutukan. Di Dusun Prambe, sejumlah lahan pertanian rusak parah dan tiga rumah warga rusak. Total kerugian ditaksir mencapai Rp 15 juta.

Dampak banjir dan longsor juga terjadi di Desa Sindukarto, tercatat ada lima rumah warga rusak dan dua fasilitas umum berupa badan jalan jebol. Ditaksir kerugian mencapai Rp 57 juta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge