0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menhub: Pengelolaan Terminal Tirtonadi Kita Berikan ke Pemkot

dok.timlo.net/ichsan rosyid
Menhub didampingi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau Terminal Tirtonadi (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pengalihan status kepemilikan Terminal Tirtonadi dari Pemerintah Kota Solo ke Pemerintah Pusat ditargetkan rampung akhir Desember 2016 mendatang. Kendati demikian, pengelolaan terminal tipe A tersebut diharapkan tetap berada di tangan Pemerintah Kota Solo.

“Memang amanat Undang-undang (Terminal Tirtonadi) harus diserahkan ke pusat, supaya APBN bisa masuk ke situ. Tapi pengelolaan tetap kita berikan ke Pemerintah Daerah (Pemkot),” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di sela kunjungannya ke Terminal Tirtonadi, Minggu (9/10).

Ia menerangkan, saat ini Kementerian Perhubungan tengah mencari formulasi yang tepat terkait pengelolaan terminal tipe A di Indonesia, khusunya Terminal Tirtonadi. Termasuk di antaranya berkonsultasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait langkah-langkah yang perlu diambil terkait pengalihan status kepemilikan terminal tersebut.

“Yang jelas Pemerintah Pusat tetap berperan sebagai regulator dan supervisor. Kontrak-kontrak yang dilakukan Pemkot ini sudah bener apa belum. Pembangunannya, operasionalnya, sudah sesuai apa belum,” kata dia.

Perubahan status kepemilikan terminal tentunya akan berdampak pada hak dan kewajiban pemerintah pusat dan daerah terhadap terminal. Masalah pengalokasian anggaran dan pendapatan yang masuk dari terminal sendiri sampai saat ini belum mendapat titik terang. Terlebih lagi, dengan adanya wacana pengelolaan terminal yang akan diserahkan ke Pemerintah Kota.

“Secara hukum memang kalau memiliki pasti ada pemasukan. Masalah sharing pendapatan kita pikir nanti. Yang penting pelayanan kepada masyarakat jangan sampai terganggu,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Perhubungan terkait pengelolaan Terminal Tirtonadi. Khususnya terkait masalah regulasi yang perlu diperhatikan.

“Apakah nanti semua akan dikelola Pemkot atau mulai dari perawatan, sumber daya manusia dan lain sebagainya atau batas-batasnya seperti apa, nanti kita carikan regulasinya. Besok Rabu (12/10) dari Pemkot akan ke sana (Kemenhub),” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge