0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menhub Minta Lahan Parkir Stasiun Balapan Ditambah

dok.timlo.net/ichsan rosyid
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengunjungi Stasiun Balapan (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Minimnya lahan parkir di Stasiun Balapan menjadi sorotan dalam kunjungan Menteri Perhubungan ke Solo, Minggu (9/10). Kapasitas lahan parkir di stasiun tersebut dinilai kurang memadai untuk menampung kendaraan pengguna jasa kereta api terutama di hari-hari padat.

“Ada satu hal yang menjadi catatan mengenai parkir, PT KAI saya harapkan melakukan perbaikan,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Dalam kunjungannya ke Stasiun Balapan, Menteri Budi menyempatkan diri berbincang dengan beberapa penumpang Kereta Api Prambanan Ekspres. Mereka mengeluhkan hal yang sama yaitu minimnya lahan parkir di stasiun. Sejumlah penumpang terpaksa memarkirkan kendaraannya di luar area stasiun.

Menanggapi hal itu, Menhub meminta PT KAI agar segera mengatasi masalah tersebut. Minmnya lahan, menurut dia bisa diatasi dengan membangun area parkir bertingkat yang bisa menampung kendaraan lebih banyak. Selain sebagai bagian dari pelayanan pelanggan, parkir merupakan potensi pendapatan bagi PT KAI yang harus dikembangkan.

“Saya kira dengan teknologi sekarang kan bisa dibuat bertingkat misalnya dengan sistem knock down,” kata dia.

Pantauan Timlo.net, lahan parkir sepeda motor dan mobil di Stasiun Balapan memang tampak penuh. Parkir kendaraan bermotor bahkan meluber hingga memenuhi pelataran Pasar Ayu. Suparjo, salah satu pelanggan Kereta Prambanan Ekspres mengaku kondisi seperti itu biasa terjadi pada hari libur seperti hari Minggu.

“Saya setiap Minggu ke Yogya ya seperti ini. Parkirnya selalu penuh,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge