0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Blanko e-KTP Menipis, Ini Tanggapan Legislator

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi e-KTP (dok.timlo.net/gg)

Solo – Lagi-lagi, proses rekam Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kota Solo mengalami kendala. Seperti kendala sebelumnya, yakni kian menipisnya stok blanko e-KTP yang diprediksi habis hingga akhir Oktober ini.

“Seharusnya, Pemerintah Pusat mengetahui kondisi yang ada didaerah. Sehingga, masalah seperti ini tidak terjadi,” terang anggota Komisi I DPRD Kota Surakarta, Ekya Sih Hananto, Minggu (9/10).

Sejauh ini, hanya ada sekitar 6.000 lembar blangko yang tersisa. Sebagai gantinya, warga yang hendak mengurus e-KTP mendapat surat keterangan sementara dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo.

Menurut Politikus PDI Perjuangan ini, seharusnya Pemerintah Pusat memberikan stok blanko berdasar kebutuhan tiap daerah. Tidak hanya, diberikan secara merata. Selama ini, praktek yang dilakukan adalah memberikan jumlah blanko e-KTP dengan jumlah yang sama di tiap daerah.

“Kalau himbauannya segera mengurus e-KTP, ya kelengkapannya harus diperlancar. Gak digebyah uyah (disama ratakan-red) dengan daerah lain. Padahal, daerah satu dengan yang lain beda karakteristik penduduknya,” tandasnya.

Di sisi lain, Ekya pun meminta Dispendukcapil untuk terus aktif mengajukan kebutuhan blangko. Dirinya tak ingin Kota Solo kehabisan stok sebagaimana yang terjadi di sejumlah daerah.

“Secara lisan, memang ada pemberitahuan kalau perekaman data diperpanjang sampai 2017 mendatang. Tapi sebaiknya segera dipastikan agar cepat selesai,” katanya.

Sementara, Anggota Komisi I DPRD Kota Solo, Abdullah AA mengatakan, pemerintah belum melakukan persiapan matang dari sisi teknis sebelum menghimbau masyarakat agar segera mengurus e-KTP.

“Yang kemarin belum ideal. Buktinya masih banyak problem di daerah. Akhirnya masyarakat sendiri yang kesulitan, demikian pula pemerintah tingkat daerah,” ucapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge