0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Warga Resik-Resik Kali Pepe

timlo.net/ichsan rosyid
Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo ikut turun ke sungai membersihkan Kali Pepe dari sampah dan talud dari tumbuhan liar (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Ribuan warga Solo mengikuti apel resik-resik kali di Taman Parkir Lojiwetan, Minggu (9/10). Menyasar Kali Pepe yang membelah pusat Kota Solo, kegiatan tersebut merupakan bagian dari penanggulangan bencana banjir sekaligus upaya normalisasi Kali Pepe.

“Totalnya ada sekitar 1.200 personel dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Solo, PMI, SAR MTA, HIPMI, dan lain-lain,” kata Kepala BPBD Solo, Gatot Sutanto di sela kegiatan.

Kerja bakti massal tersebut dipusatkan di empat titik di ruas Kali Pepe yang dinilai penting. Di belakang Terminal Tirtonadi, Kawasan Loji Wetan, Kawasan Pintu Air Demangan, dan Kampung Sewu. Sebagian besar personel membersihkan bantaran sungai dari tanaman liar dan sampah. Sementara lainnya menggunakan perahu karet memunguti sampah dan mencabuti tumbuhan liar dari talud.

“Kita sebenarnya sudah siapkan alat berat untuk mengeruk sungai. Tapi karena ini airnya tinggi, jadi tidak mungkin pakai alat berat,” kata Gatot.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo pun tak mau ketinggalan. Setelah memimpin apel, ia ikut turun ke sungai mencabuti rumput liar dari talud dan mengambil ranting-ranting pohon yang jatuh ke sungai. Ia berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin.

“Ini luar biasa, pesertanya banyak sekali. Saya minta ini supaya bisa dirutinkan termasuk reboisasi bantaran sungai sekalian,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge