0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2016, “Solo Pelopor Kota Sehat Jiwa”

timlo.net/achmad khalik
Deklarasi Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2016 di Halaman Rumah Dinas Walikota Solo, Loji Gandrung (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Tingginya aktifitas saat ini, tak menutup kemungkinan membuat kesehatan psikis atau jiwa terganggu. Jika tidak segera ditangani, akan berakibat pada gangguan kesehatan seseorang. Berawal dari itu, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Kota Solo bersama dengan elemen dan pihak terkait yang khusus di bidang kesehatan jiwa menggelar deklarasi dan penandatangan prasasti dalam memperingati Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2016 di Loji Gandrung, Minggu (9/10) pagi.

“Kegiatan ini dimaksudkan, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang memiliki indikasi gangguan kesehatan khususnya jiwa (psikis – red),” terang Ketua Panitia Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2016, Maria Rini.

Dalam deklarasi yang dilakukan, pihaknya juga akan melakukan pendampingan kader kesehatan jiwa di tiap kelurahan. Ini bertujuan sebagai langkah awal jika ditemukan warga masyarakat yang mulai terganggu kejiwaannya. Sehingga, dapat dilakukan penanganan awal dengan cepat setelah dilakukan koordinasi dengan pihak kelurahan.

“Nantinya, kita juga akan melakukan pendampingan kader kesehatan jiwa tiap kelurahan di Kota Solo. Tiap kelurahan akan diisi dengan dua kader kesehatan. Sehingga, langkah yang kita lakukan lebih cepat, tanpa menunggu masyarakat mendatangi kami ke RSJD,” terang perempuan yang juga sebagai Dokter Spesialis Kejiwaan RSJD Kota Solo tersebut.

Kegitan yang diikuti puluhan peserta ini mengusung tema ”Solo Pelopor Kota Sehat Jiwa”. diharapkan, masyarakat di Kota Bengawan dapat meraih kesehatan maksimal baik secara fisik maupun psikis.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge