0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kondisi Memprihatinkan, Sungai Langsur Harus Dilebarkan

foto: Putra
Komunitas Handarbeni Kali Langsur melakukan kegiatan bersih sungai (foto: Putra)

Sukoharjo – Bupati Sukoharjo meminta pihak Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) segera melebarkan Sungai Langsur yang saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Kalau tidak kasihan masyarakat sekitar sungai yang setiap musim hujan selalu menjadi korban terdampak banjir.

“Tanggungjawab sepenuhnya BBWSBS harus segera membenahi Kali langsur ini, karena mau dibenahi Pemerintah Kabupaten SUkoharjo pernah diwarning bahwa itu bukan kewenanganya. Kalau perlu, dari BPBD segera melayangkan surat ke gubernur dan presiden,” kata Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Sabtu (8/10).

Selain mendesak BBWSBS untuk segera melebarkan Sungai Langsur, Pemkab Sukoharjo juga melakukan terobosan dengan membentuk komunitas sungai. Dengan harapan, sungai yang banyak terdapat di Sukoharjo dan selama ini justru menjadi ancaman karena mengakibatkan banjir bisa dikelola dengan baik.

Saat ini sudah terbentuk komunitas di Sungai Langsur dengan nama Handarbeni Kali Langsur yang berjumlah sekitar 40 orang. Kegiatan mereka selain membersihkan sungai dari sampah, juga ke depan mengelola sungai agar mempunyai nilai ekonomis yang bermanfaat bagi warga sekitar.

“Untuk saat ini kami berharap agar segera dinormalisasi agar tidak banjir lebih dahulu itu yang paling penting dank ke depan kita akan mengelola sungai ini dengan baik sehingga bermanfaat untuk warga, seperti untuk perikanan, pertanian dan mungkin juga destinasi wisata,” tandas kordinator Komunitas Handarbeni Kali Langsur, Subakdo.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge