0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini DED Pasar Baturetno, Terapkan Sistem Zonasi

dok.timlo.net/tarmuji
DED Pasar Baturetno (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pembangunan Pasar Baturetno positif dilakukan pada 2017 mendatang. Desain pasar tersebut pun sudah sedemikian sempurna, bahkan dinilai lebih bagus ketimbang Pasar Wonogiri Kota.

“Yang jelas pasar ini juga sebagai wajah kota, jadi ya saya usahakan lebih bagus dan lebih menarik,” ungkap Kepala Disperindagkop UMKM Wonogiri Guruh Santosa, Sabtu (8/10).

Menurutnya, Pasar Baturetno bakal dibangun dua lantai dengan ratusan kios dan los di dalamnya. Kios dan los itu sendiri peruntukkannya bagi pedagang yang selama ini sudah memiliki KTP.

Pembangunan itu menelan biaya sekitar Rp 45 miliar. Sebelum dibangun, para pedagang bakal direlokasi terlebih dahulu. Pemkab Wonogiri telah menganggarkan biaya Rp 1 miliar untuk pembangunan pasar darurat di lapangan sepak bola Desa Baturetno yang berjarak 500 meter dari Pasar Baturetno. Ditargetkan, pembangunan pasar darurat itu kelar di penghujung tahun ini.

“Agar tidak rebutan, Pasar Baturetno nanti kita akan buat sistem zonasi, jadi tidak seenaknya saja pedagang berjualan, biar lebih tertata tidak seperti Pasar Wonogiri Kota,” ujarnya.

Ditambahkan, zonasi tersebut seperti yang sudah tertuang dalam detail engineering design (DED). Semisal,los pakain, kain, kelontong, tukang cukur, sepatu sandal dan bolo pecah ditempatkan di lantai I.

Kemudian di lantai II, dibuat zonasi untuk los daging, warung makan, kios ikan kering dan bumbu, los sayuran, grabatan, hasil bumi, los campuran dan los tahu tempe.

“Nantinya, untuk bongkar muat barang kita akan tempatkan di lantai II,” tandasnya.

Caption: DED Pasar Baturetno

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge