0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelaku UMKM Belum Maksimalkan Situs Online

Penggerak lapak, Bukalapak.com, Joko Purwono (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Maraknya situs jual beli secara online dapat menjadi peluang bisnis bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendongkrak penjualan. Pasalnya dengan adanya media tersebut, proses pemasaran menjadi lebih mudah dan terjangkau.

“Apalagi saat ini pemerintah cukup gencar membangun infrastruktur. Sehingga internet sudah bisa masuk keplosok daerah,” ujar Penggerak lapak, Bukalapak.com, Joko Purwono kepada Timlo.net, Kamis (6/10).

Oleh karena itu, pemanfaatan media online sebagai sarana untuk melakukan pemasaran barang, khususnya bagi pelaku UMKM menurutnya cukup potensial dan perlu dimaksimalkan. Terlebih seiring dengan laju perkembangan jaman, media konvensional semakin ditinggalkan oleh masyarakat.

“Memang untuk merubah mindset masyarakat harus secara bertahap. Bahkan kita sendiri juga ada program pendampingan, karena untuk memaksimalkan pasar di media online membutuhkan strategi khusus. Seperti bagaimana membuat judul menarik, upload foto dan sebagainya,” jelas dia.

Sementara untuk kondisi di Solo sendiri, ia mengaku para pelaku UMKM yang sadar akan pemasaran melalui media online masih cukup minim. Bahkan dari data Bukalapak, user di Solo masih kurang dari 10 persen terhadap share secara nasional.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge