0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seorang Tersangka Penyalur Haji Ilegal Masih Buron

merdeka.com
jamaah haji (merdeka.com)

Timlo.net – Polisi memburu seorang tersangka kasus jamaah haji ilegal lewat Filipina. Buronan ini memiliki kaitan dengan agen penyalur calon jemaah haji.

“Dua orang udah dipulangkan dari Filipina, satu orang ditahan di sana. Nah satu masih dicari nih di mana orangnya,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Agus Andrianto, Kamis (6/10).

Kendati begitu, Agus belum mau mengungkap sejauh mana peran orang tersebut dalam kasus ‘calon haji Filipina’ ini.

“Yang pasti kaitannya dengan agen,” ujar dia.

Dikatakan Agus, sampai saat ini sudah ada tujuh tersangka yang ditahan di Bareskrim. Penyidik tengah fokus mencari buronan itu. Diduga kuat, orang itu melarikan diri ke luar negeri.

“Pokoknya minggu ini udah tujuh, tinggal yang 1 masih dicari. Masih di luar negeri kelihatannya,” pungkas Agus.

Sebelumnya, penyidik Dittipidum Bareskrim Polri kembali menetapkan satu tersangka atas kasus pemberangkatan calon jemaah haji lewat Filipina secara ilegal. Total tersangka dalam kasus ini menjadi sembilan orang.

Di mana tujuh di antaranya, merupakan pemilik agen travel calon jemaah haji dan satu perempuan yang merupakan istri dari tujuh tersangka tersebut. Ketujuh tersangka itu yakni, AS, BDMW, HMT, MNA, F alias A, AH alias A dan ZAP.

Kemudian, penyidik juga ikut menetapkan satu tersangka lain berinisial HR yang berperan sebagai perekrut. HR diketahui, warga negara berpaspor ganda yakni Malaysia dan Filipina.

Atas perbuatannya, ketujuh tersangka dijerat pasal berlapis yakni, pasal 62 Undang-undang (UU) tentang perlindungan konsumen, pasal 64 dan 63 UU tentang penyelenggaraan ibadah haji dan pasal 378 KUHP terkait tindak pidana penipuan.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge