0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buka Layanan Antar Jenazah, PT KAI Sediakan Gerbong Khusus

(Ilustrasi) Kereta api (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net — PT KAI (Persero) Daop I meluncurkan layanan pengantaran jenazah dengan kereta api pada Oktober 2016. Layanan ini akan dilakukan PT Kereta Api Logistik (KaLog) sebagai anak usaha PT KAI Daop I.

“Pekan ini KaLog secara resmi segera meluncurkan layanan baru tersebut. Ini bagian dari inovasi layanan KAI kepada masyarakat,” ujar Senior Manager Komersial KAI Daops I Sigit Irawanto seperti dilansir Antara, Kamis (6/10).

Dia menjelaskan jasa pengantaran jenazah saat ini hanya dilayani oleh KAI Daops I ke sejumlah kota di wilayah Jawa yang disediakan di gerbong khusus bagian belakang rangkaian kereta api logistik.

Dia menegaskan pengantaran jenazah memiliki peluang yang cukup besar karena selama ini hanya dilayani oleh maskapai penerbangan maupun perusahaan pengantar jenazah dengan biaya yang relatif mahal.

“Pihak keluarga pengguna jasa kereta jenazah ini bisa memilih jenis kereta yang ditumpangi, meliputi kereta ekonomi, bisnis, maupun eksekutif dengan tujuan kota-kota yang Jawa,” jelasnya.

Jenazah akan ditempatkan di gerbong khusus tanpa diketahui oleh penumpang lainnya. Sigit menambahkan masyarakat Jakarta dan sekitarnya banyak yang memiliki kampung halaman di berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

“Selama ini ada kecenderungan warga Jakarta dan sekitarnya kesulitan dalam mengantarkan jenazah ke kota-kota tertentu sehingga ini bisa menjadi terobosan baru bagi masyarakat,” jelasnya.

Layanan pengantaran jenazah oleh KAI akan diberikan ragam paket, misalnya antar jenazah sampai stasiun, hingga menjemput dari rumah duka hingga pemakaman.

“Biaya pengantaran jenazah juga bervariasi sesuai dengan paket yang ditawarkan. Tarif layanan penuh bisa mencapai Rp 11 juta, tergantung permintaan.”

Dengan jaminan waktu perjalanan yang lebih cepat dan tepat waktu, jenis kereta api yang beragam dan tarif yang lebih kompetitif, layanan itu bisa menjadi solusi bagi warga Jakarta dan sekitarnya dalam mengantarkan jenazah ke daerah asalnya. [sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge