0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunakan Smartphone di Tengah Malam Berbahaya Untuk Kesehatan

Tidur. (Dok: Timlo.net/ Daily Mail.)

Timlo.net—Pernahkan Anda terbangun di tengah malam, dan tanpa alasan memutuskan membuka smartphone untuk mengecek notifikasi yang masuk? Jika iya, maka Anda tidak sendirian. Menurut laporan Deloitte, satu dari tiga orang begitu terikat dengan smartphone mereka hingga terus menggunakannya di malam hari.

Tapi para ahli kesehatan menyatakan jika kebiasaan ini bisa merugikan kesehatan kita. Efek merugikan dari kebiasaan ini terletak pada cahaya biru yang berasal dari layar smartphone. Cahaya itu memberitahu kita jika hari masih siang. Hal ini berarti saat kita mencoba kembali tidur, kualitas tidur kita tidak sebaik yang seharusnya.

Cahaya biru itu mengubah jadwal tidur seseorang hingga tiga jam, kata para peneliti dari Harvard. Penelitian lain menunjukkan jika cahaya itu mencegah orang memiliki tidur yang mereka perlukan untuk memulihkan kondisi tubuh.

Paul Lee, kepala peneliti teknologi di Deloitte berkata, “Yang smartphone berikan kepada orang adalah kemampuan untuk terus mengikuti apa yang terjadi, apa yang orang katakan, apa yang orang posting. Anda bisa melakukannya sepanjang hari dan didorong melakukannya hingga di malam hari.”

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge