0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tuntut Jessica 20 Tahun, JPU : Tak Ada yang Meringankan

Jessica Kumala Wongso (merdeka.com)

Timlo.net — Ketua JPU, Ardito Muwardi menjelaskan alasan menuntut hukuman 20 tahun penjara terhadap terdakwa Jessica Kumala Wongso. Tuntutan itu sudah merupakan hukuman maksimal sebab tak ada bagian yang bisa meringankan hukuman Jessica.

“Artinya kan ini juga sebuah hukuman maksimal. 20 Tahun dengan tak ada hal yang meringankan, 20 tahun juga sebuah hukuman maksimal,” kata Ardito usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/10).

Ardito menuturkan sebanyak 287 halaman berkas tuntutan tersebut dibuat selama satu pekan. Hal ini menunjukan keseriusan JPU dalam membuat tuntutan.

“Kami dalam pembuktian mantap sekali. Cuman ya itu lah. Kami berada pada sisi subjektifitas kami. Kami anggap 20 tahun hukuman yang pantas. Kalau pun hakim melihat lebih objektif, masyarakat juga pandangan lain, kalau hakim merasa kurang berat, akan diperberat itu hak dia,” tutur Ardito.

Sementara itu menanggapi pernyataan tim penasihat hukum terdakwa Jessica yang menyatakan JPU ragu-ragu dalam menuntut Jessica, Ardito mengatakan, itu merupakan hak kuasa hukum Jessica. Sebab dalan pertimbangannya, hukuman tersebut telah sesuai.

“Itu silakan mau berkomentar seperti apa. Pertimbangan kami ini tuntutan yang pantas bagi terdakwa. Ini tak bisa dipersamakan. Ini semua relatif. Di sini peran hakim, kalau hakim nilai ini lebih berat, bisa saja diberi hukuman lebih berat,” kata Ardito.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge