0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Kritik Pecairan Bantuan Menggunakan Elektronifikasi

dok.timlo.net/heru murdhani
FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Walikota Solo mengapresiasi uji coba layanan pencairan bantuan sosial melalui elektronik, yang digagas oleh Telkomsel dan BTPN.  Pasalnya dengan adanya mekanisme tersebut penyaluran bantuan dari pemerintah menjadi lebih efektif, karena bisa diakses menggunakan handphone.

“Kalau sasarannya untuk masyarakat yang rentan miskin saya sepakat. Karena dengan adanya sistem ini akan mempermudah masyarakat saat akan melakukan pencairan,” ujar Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Rabu (5/10).

Karena, seringnya bantuan pemerintah tidak tepat sasaran lebih dipengaruhi sistem  pembagian yang dilakukan secara bagito atau bagi roto ( dibagi secara rata). Padahal itu melanggar ketentuan, karena yang berhak menerima jatahnya harus dikurangi dengan yang lain.

“Sehingga dengan sistem elektronifikasi ini mestinya memang cukup efektif untuk dapat menekan kebocoran atau penyimpangan,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku kurang sepakat jika semua bantuan sosial untuk warga miskin pencairannya dilakukan menggunakan handphone. Hal itu mengingat, handphone untuk kalangan kelas bawah masih dianggap barang mewah dan belum semua memiliki.

“Kalau sistemnya harus elektronifikasi, mestinya fasilitas yang diberikan harus lengkap. Misalnya seperti e-warung, dimana setiap masyarakat penerima manfaat dibekali kartu untuk melakukan pencairannya,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge