0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Berijin, Delegasi Un-Swissindo Diamankan Polisi

Delegasi Un-Swissindo, Sulistyo Budi (bertongkat) saat dibawa polisi menuju Polres Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Petugas Intelkam Polres Sragen mengamankan delegasi penyelenggaran sosialisasi lembaga yang mengatasnamakan Un-Swissindo. Pasalnya, kegiatan yang mengumpulkan lebih dari 40 orang tersebut dinilai tidak berijin. Sebelumnya polisi dan pegawai Kesbangpolinmas Sragen juga sempat menginterogasi salah satu Delegasi Un-Swissindo, Sulistyo Budi, warga Cirebon, Jawa Barat.

“Kita hanya memintai keterangan pada penyelenggara acara itu, karena memang tidak ada ijin,” kata Kapolres Sragen AKBP Cahyo Widiarso, Rabu (5/10).

Saat dihubungi wartawan, Kapolres mengatakan, pihaknya memintai keterangan terkait acara yang digelar di salah satu rumah makan itu. namun sejauh ini tidak ada satu delegasi pun yang diproses karena belum ada cukup alat bukti kalau mereka melakukan penipuan.

“Karena belum ditemukan tindak pidana seperti penipuan maupun ada laporan korban, maka tidak dilakukan penahanan,” jelasnya.

Dari pantauan di lapangan, kegiatan tersebut sejak awal sudah diawasi sejumlah petugas baik Kodim 0725/Sragen, Polres Sragen dan Kesbangpolinmas. Dari hasil pengecekan tim gabungan tersebut, ditemukan sejumlah kejanggalan seperti, adanya label lambang mirip Garuda Pancasila. Tapi ada perbedaan antara lambing garuda tersebut dengan lambing Pancasila yang sesungguhnya.

“Kalau Garuda Pancasila khan kepala burung garuda itu menghadap ke kanan. Tapi lambang garuda ini kepalanya menghadap ke muka,” kata salah satu petugas Intelkam usai menginterogasi Delegasi Un-Swissindo, Sulistyo Budi.

Sementara Sulistyo Budi sendiri saat ditemui Timlo.net di Sat Intelkam Polres Sragen mengaku hanya menjadi relawan dalam Un-Swissindo. Dia hanya dimintai konfirmasi terkait acara yang diselenggarakan.

“Kami hanya dimintai konfirmasi itu saja, tidak masalah,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge