0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Upaya BPBD Cegah Banjir Kartasura

timlo.net/putra kurniawan
Tim SAR tengah mempersiapakn perahu karet (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan kordinasi dan pengkajian bersama Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) untuk mengatasi banjir di Kartasura. Paslanya, banjir yang menggenangi 370 rumah di dua kecamatan disebabkan air kiriman dari Boyolali timur.

“Curah hujan di Boyolali khususnya bagian timur cukup tinggi sejak sore hingga malam, akibatnya terjadi overload di saluran Sungai Jenes dan mengakibatkan banjir. Sedikitnya ada 370 rumah yang terdampak di Kartasura dan Grogol,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, Rabu (5/10).

BPBD berencana melakukan kajian bersama BBWSBS, PSDA dan pihak-pihak terkait untuk mengatasi banjir yang sudah beberapa kali terjadi di kawasan ini. Dari analisa yang dilakukan BPBD, banyaknya pemukiman baru di wilayah Bayudono mengakibatkan meningkatnya air permukaan dan menimbulkan genangan.

Sementara itu, untuk banjir yang terjadi Selasa (4/10) malam, selain dorongan air dari Baoyolali melali Sungai Jenes yang sangat besar, juga tidak dibukanya pintu air milik BBWSBS di Kawasan Kleco, Solo. Pasalnya, jika pintu air di buka, banjir akan menggenangi wilayah Solo bagian selatan yang cukup parah.

“Tadi malam kita sudah upayakan kordinasi untuk membuka pintu air agar banjir segera surut, namun pihak BBWSBS tidak bisa melakukan itu, karena jika dibuka justru yang parah wilayah Solo selatan. Sehingga kita selain menunggu air surut secara alami juga melakukan upaya evakuasi jika dibutuhkan,” tandasnya.

Sebelumnya banjir terjadi di sebagia wilayah Kecamatan Kartasura, tercatat 54 rumah di Kelurahan Kartasura, 52 rumah di Kelurahan Ngadirejo, 22 rumah di Desa Singopuran dan 76 di Desa Pabelan terendam. Selain itu 100 rumah di Desa Cemani dan 66 rumah di Desa Banaran, Kecamatan Grogol juga terendam luapan Sungai Jenes.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge