0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pria Inggris Ini Menjadi Orang Pertama Sembuh Dari HIV

Ilustrasi HIV/AIDS (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Pria Inggris berusia 44 tahun menjadi orang pertama dalam sejarah yang sembuh dari HIV. Para peneliti berkata kepada The Sunday Times, jika tidak ada bekas virus HIV di dalam darah pria itu. Dan jika kondisi pria itu tetap seperti itu, maka dia akan menjadi yang pertama yang benar-benar sembuh.

Tim peneliti dari lima universitas di United Kingdom (UK) mengadakan percobaan kepada 50 orang. “Kami menjelajahi kemungkinan nyata untuk menyembuhkan HIV. Hal ini adalah tantangan besar dan masih merupakan tahap awal tapi perkembangannya luar biasa,” kata Mark Samuels, kepala dari the National Institute for Health Research Office for Clinical Research Infrastructure.

HIV tidak mudah dirawat karena virus itu menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus itu juga bersatu dengan sel T di dalam DNA. Dengan demikian sel T tidak hanya mengabaikan penyakit tubuh tapi menjadi pabrik virus. Pada akhirnya sel T justru memproduksi lebih banyak virus HIV. Perawatan yang ada saat ini bisa mentarget sel T aktif yang terinfeksi HIV. Tapi tidak bisa mentarget sel T yang tidur. Hal ini berarti tubuh pasien terus memproduksi virus itu.

Terapi baru ini bekerja dalam dua tahap. Pertama, vaksin diberikan untuk menolong tubuh mengenali sel yang terinfeksi HIV sehingga tubuh bisa membersihkan sel-sel itu. Kedua, obat baru bernama Vorinostat diberikan. Fungsi obat itu untuk mengaktifkan sel T yang tidur sehingga bisa dikenali oleh sistem kekebalan tubuh.

“Terapi ini didesain secara khusus untuk membersihkan tubuh dari virus HIV termasuk yang tidur,” kata Profesor Sarah Fidler, dokter di Imperial College London.

“Kami akan terus melanjutkan tes medis untuk lima tahun ke depan dan saat ini kami tidak merekomendasikan penghentian perawatan yang ada, tapi di masa mendatang tergantung dari hasil uji coba, kami mungkin akan menguji pilihan itu,” katanya.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge