0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Palermo Tuding Juventus Seperti Bayern

dok.timlo.net/gg
Presiden klub Palermo, Maurizio Zamparini (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Sebuah kritikan pedas dilayangkan oleh Presiden klub Palermo, Maurizio Zamparini kepada penguasa Serie A, Juventus. Zamparini mengkritisi sumber finansial Juventus yang terlampau besar dari sisi hak siar.

Zamparini menuntut pembagian uang hak siar yang lebih adil. Zamparini menilai Serie A bisa dikuasai oleh Juventus karena mereka memiliki kekuatan finansial yang lebih besar dari kontestan lainnya. Semua klub di Italia layak iri dengan apa yang didapat Juve yang menjadi klub terkaya di Italia.

Zamparini lalu mengajukan ide untuk menyudahi dominasi Juve itu. Ia ingin Serie A membagikan uang hak siar televisi seperti di Inggris. Premier League membagikan uang hak siar berdasarkan posisi setiap tim di klasemen akhir serta banyaknya pertandingan yang disiarkan televisi.

“Kita butuh persaingan. Kita harus belajar dari Inggris, uang hak siar televisi mereka dibagikan lebih merata,” bebernya kepada Radio Kiss Kiss.

Serie A membagikan uang dari hak siar dengan faktor yang lebih rumit. Bukan cuma prestasi tim, tapi jumlah suporter serta populasi di sekitar stadion juga masuk hitungan.

Juventus terlalu dominan secara finansial karena memiliki stadion modern sendiri. Meski kapasitasnya relatif kecil, namun Juventus Stadium mampu menghasilkan uang dua kali lebih banyak dibanding stadion lain seperti San Siro. Juve juga mendapatkan uang dalam jumlah besar dari hadiah dan hak siar Liga Champions.

“Dominasi finansial Juventus adalah faktor yang membuat perbedaan, seperti Bayern Munchen di Jerman. Pagi ini saya baca di koran bahwa mereka sudah membeli dua pemain baru (Axel Witsel dan Rodirgo Bentancur). Jika Juve membeli semua pemain, apa gunanya bermain lagi?” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge