0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Larwasda, Inspektorat Sragen Temukan 582 Pelanggaran

dok.timlo.net/agung widodo
Inspektur Inspektorat Kabupaten Sragen, Suharto (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Inspektorat Sragen merekomendasikan 582 masalah yang harus segera diselesaikan baik secara administrasi ataupun  finansial. Sebanyak 582 temuan itu terungkap setelah Pemkab Sragen menggelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun Pemeriksaan 2015.

“Dari 582 temuan setelah kita lakukan pemeriksaan dari 144 obyek. Hasilnya itu terdapat dua jenis temuan yakni kejadian yang merugikan negara atau masyarakat dan kelemahan administrasi,” kata Inspektur Inspektorat Kabupaten Sragen, Suharto, Selasa (4/10).

Suharto mengungkapkan, kalau diprosentase dari 582 temuan tersebut, yang berakibat pada kerugian negara atau daerah sebanyak 33,33 persen atau 194. Total yang ditemukan seluruhnya senilai Rp 1,805 miliar, namun yang berpotensi merugikan keuangan daerah senilai Rp 815.714.630.

Sedangkan temuan adanya pelanggaran adiministrasi ada 388 temuan atau sekitar 66,66 persen. Sisanya temuan atau rekomendasi lain seperti yang ersifat hukuman sebesar 0,34 persen, arbitrase 0,17 persen dan rekomendasikan bersifat hukuman disiplin sebesar 0,85 persen atau lima kasus.

Namun sayang Suharto tak bersedia menyebutkan identitas yang kena hukuman disiplin tersebut. Tapi dari informasi yang di lapangan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) itu rata-rata ada di Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen.

Suharto menambahkan, dari 582 temuan hasil Larwasda 2015 itu yang telah ditindaklanjuti dan dinyatakan selesai sebanyak 576 rekomendasi, sisanya sebanyak 6 rekomendasi sampai sekarang belum selesai.

Sementara itu Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat membuka Larwasda mengharapkan, Rapat Larwasda bisa menjadi moment bagi pihak terkait untuk membangun komitmen guna bekerja lebih baik dan profesional.

“Dengan Larwasda ini kami mengharapkan terwujudnya good governance dan clean government,” kata Bupati Yuni.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge