0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Podium Merah Putih, Pramono Anung: Itu Bukan Bendera

merdeka.com
Upacara Hari Kesaktian Pancasila (merdeka.com)

Timlo.net – Pihak istana mengklarifikasi soal podium warna merah putih yang dipakai Presiden Joko Widodo saat upacara Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober kemarin. Dalam upacara itu, podium yang dipakai Presiden Jokowi saat upacara di halaman Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur disinyalir menginjak merah putih.

“Ini yang harus diluruskan, itu bukan bendera,” tegas Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Selasa (4/10).

Menurut Pramono, pengkritik harusnya mengetahui perbedaan ukuran bendera merah putih dengan karpet biasa. Pasalnya, kriteria bendera merah putih sudah dijelaskan dalam undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

“Bendera itu ada aturan mainnya, bendera itu ada UU yang mengatur dan sebagainya,” jelas Pramono.

Pramono juga menegaskan, podium yang dipakai Presiden Jokowi itu pada dasarnya pernah digunakan Presiden sebelumnya. Termasuk Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Sejak zaman Pak Harto bahkan petinggi partai sebelumnya yang mempertanyakan itu, SBY ternyata juga memakai,” ungkap mantan Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

“Hanya sekarang kan era sosial media, era keterbukaan, orang dengan gampang melihat itu. Lalu kemudian ini dianggap bisa katakanlah membuat rasa nasionalisme kita terganggu, kalau Presiden Jokowi gampang aja yaudah tahun depan diganti aja karpet merah semua. Karena beliau tidak mau berpolemik dengan itu, itu bukan substansi yang perlu dipolemikkan,” tandasnya.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge