0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilihan Pimpinan IPM, Sekolah Gandeng KPU

Siswa SMK 2 Muhammadiyah Jatinom berdiskusi dengan komisioner KPU Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —  Belasan anak didik dan pengajar dari SMK Muhammadiyah 2 Jatinom menyambangi Kantor Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Selasa (4/10). Mereka hendak berguru tentang teknis pesta demokrasi berupa pemilihan pimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) setempat.

“Ini merupakan tahap ke tiga jelang pemilihan IPM di sekolah kami pada 12 Oktober nanti. Sebelumnya, kami sudah bertemu, bahkan KPU pernah ke sekolah kami untuk memberikan materi pendidikan demokrasi,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom, Arif Muhammad.

Berbeda dengan sekolah negeri lainnya yang sudah menerapkan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara online, kata dia, pemilihan pimpinan IPM di sekolahnya berdasarkan kearifan di lingkungan Muhammadiyah. Selain itu, pihaknya menggandeng KPU Klaten agar dapat memberikan bimbingan sehingga tercipta pendidikan demokrasi pada siswa.

“Kita manual, tapi suara terbanyak bukan berarti langsung jadi ketua, tapi memilih formatur. Dari 17 calon itu diambil 9 pimpinan dan digodog oleh formatur. Harapannya dapat menumbuhkan peran anak dalam memberikan pilihan sehingga terwujud peran siswa dalam memilih pemimpin di sekolahnya serta ada gambaran demokrasi, dimana semua siswa bisa memberikan haknya,” kata Arif.

Ketua KPU Klaten Siti Farida mempersilakan seluruh sekolah di Klaten untuk belajar demokrasi di kantornya. Sebab, KPU Klaten sudah menyediakan ruangan yang disebut Rumah Pintar Pemilu yang berada di aula kantor setempat.

“Kami siap untuk mendampingi setiap sekolah yang ingin belajar tentang demokrasi. Ini cara kami agar para pemilih pemula di Klaten terus antusias ikut dalam pesta demokrasi. Meskipun di Klaten saat ini tidak ada pemilihan, tapi ini merupakan waktu yang tepat untuk mensosialisasikan pentingnya turut serta dalam Pemilu, baik pemilu di tingkat sekolah,” ujar Siti Farida.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge