0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingkatkan Layanan Pencari Keadilan, PN Solo Terus Berbenah

Bentuk layanan di PN Kota Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Pengadilan Negeri (PN) Kota Solo terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di bidang peradilan hukum. Tak hanya tampilan fisik semata, melainkan bagian internal juga dilakukan pembenahan.

“Ini kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat yang mencari keadilan di PN Solo,” terang Manager Representatif PN Solo, Parulian Lumban Toruan saat ditemui Timlo.net di ruang kerja, Selasa (4/10) siang.

Pantauan Timlo.net, PN Solo melakukan penataan lokasi layanan bagi masyarakat pencari keadilan. Mulai dari pintu masuk, ruang layanan informasi, ruang sidang, penataan taman dan masih banyak yang lain. Uniknya, di setiap dinding PN Solo dipasang sejumlah tulisan berisi tentang kata-kata inspirasi tentang hukum.

“Ini kami lakukan, supaya PN Solo nampak representatif untuk menjalankan sistem peradilan yang ada di negeri ini,” jelasya.

Di sisi lain, lanjut pria yang juga menjabat sebagai hakim tersebut, pihaknya ingin mengikis kesan seram saat masyarakat yang terjerat hukum memasuki kawasan Pengadilan.

“Biasanya kan orang kalau mau masuk ke sini (PN Solo —Red) pasti timbul kesan seram dulu. Untuk mengikis itu semua, kami lakukan pembenahan supaya pengadilan ini lebih enak, sejuk dan nyaman untuk orang-orang yang berperkara,” terang hakim asal Sumatera Utara tersebut.

Disinggung terkait pembenahan internal yang dilakukan oleh PN Solo, Parulian mengaku, tiap hakim wajib memiliki kompetensi yang harus dibuktikan dengan bukti terlampir. Selain itu, hakim yang telah memutuskan perkara atau usai menjalankan sidang harus memiliki bukti tertulis terkait sidang yang telah mereka jalani.

“Ini dilakukan supaya hakim yang menangani masalah benar-benar memiliki kompetensi dibidang tersebut. Sehingga, dalam memutuskan perkara tidak asal-asalan,” ujarnya.

Pembenahan yang dilakukan tersebut, lanjutnya, juga sebagai rangkaian dilaksanakan akreditasi ditingkat PN diseluruh Indonesia yang dilakukan Pengadilan Tinggi (PT) negara. Akreditasi menyasar pada seluruh aspek, baik internal PN, pembenahan fisik, hingga layanan pada masyarakat yang berperkara hukum. Diharapkan, dengan dilakukan pembenahan tersebut dapat meningkatkan citra PN Solo dimata masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge