0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terjerat Utang, Bu Guru Ini Nekat Gadaikan Dua Mobil Rental

Oknum guru yang menjadi pelaku kasus penipuan penggadaian mobil diperiksa polisi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Akibat terjerat utang, seorang oknum guru nekat melakukan tindak penipuan. Tak tanggung-tanggung, dua mobil milik korbannya ‘digondol’ untuk digadaikan.

“Modus yang digunakan oleh pelaku adalah meminjam mobil lalu digadaikan,” terang Kapolsek Laweyan Kompol Agus Puryadi, Selasa (4/10) siang.

Peristiwa bermula, saat pelaku bernama Dewi Wulandari (46) meminjam mobil kepada Supriyanto (23) warga Jalan Walet RT02/RW02 Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo pada Juli lalu. Pelaku, warga Sanggrahan RT03/RW03 Delingan, Kabupaten Karanganyar ini menyewa sebuah mobil Toyota Yaris B 8594 VR. Selama dua minggu menyewa mobil, pembayaran uang sewa yang dilakukan oleh pelaku berjalan lancar, sehingga pemilik mobil percaya.

“Awalnya, pemilik mobil ini percaya karena pembayaran selama dua minggu berjalan lancar,” jelas Kapolsek.

Lantaran kedoknya belum ketahuan, lanjut Kapolsek, pelaku akhirnya kembali meminjam mobil jenis Toyota Avanza. Untuk meyakinkan korbannya, pelaku memberi jaminan sebuah sepeda motor jenis Honda Grand AD 5781 YE. Namun, hingga sebulan lamanya kedua mobil yang dipinjam pelaku pada korban belum juga dikembalikan. Merasa dikelabui, korban akhirnya melapor pada polisi.

Dari hasil laporan tersebut, Polsek Laweyan sudah memberi kesempatan kepada pelaku untuk mengembalikan mobil sekaligus uang sewa sesuai kesepakatan perjanjian. Namun, pelaku tidak sanggup dan berdalih mobil telah digadaikan.

“Dari hasil gadai mobil itu, pelaku menggadaikan mobil senilai Rp 15 juta – Rp 20 juta tiap mobil,” terang Kapolsek.

Dari pengakuan pelaku, dirinya kepepet menggadaikan mobil lantaran terjerat utang senilai Rp 45 juta. “Kepepet utang saya Pak,” kata Dewi singkat.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge