0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penemuan Ini Ubah Topan Jadi Energi Listrik di Jepang

Challenergy. (Dok: Timlo.net/ Nextshark.com)

Timlo.net—Menggunakan penemuan revolusionernya, seorang teknisi Jepang berharap untuk menggunakan topan sebagai sumber energi gratis dan berlimpah. Angin topan sendiri sering muncul di Jepang. Teknisi bernama Atsushi Shimizu ini mengaku dia bisa memanfaatkan angin topan untuk menghasilkan energi dalam jumlah besar.

Dia menciptakan turbin angin topan pertama di dunia yang dia namai Challenergy. Mesin ini bisa mengumpulkan energi badai topan menjadi sumber daya energi yang bisa diperbarui. Menurut the Atlantic Oceanographic & Meteorological Laboratory, topan bisa menghasilkan energi setara setengah kapasitas energi di dunia.

Shimizu berkata jika pembangkit energi tenaga angin itu bisa menghasilkan energi yang mentenagai Jepang selama 50 tahun. Energi sebesar itu bisa didapatkan hanya dari satu angin topan. Alat itu sendiri dirancang supaya cukup kuat untuk mengumpulkan energi dari angin topan.

“Generasi kami menerima manfaat dari tenaga nuklir. Kami tidak pernah mengalami mati lampu karena itu. Sekarang kami bertanggung jawab untuk mengubah masa depan,” kata Shimizu.

Mesin dengan bentuk mirip pengocok telur raksasa itu sejauh ini terlihat menjanjikan. Oleh karena itu, mesin itu dikembangkan lebih jauh. Tim Shimizu terakhir memamerkan alat ini pada Juli 2015 dan bisa mencapai 30% efisiensi. Turbin angin saat ini bisa beroperasi normal dengan efisiensi 40%. Tapi turbin angin biasa tidak bisa bekerja dengan angin topan.

Pada Juli 2016, Challenergy memasang prototipe pertama mereka di Okinawa dan tim itu butuh angin topan sungguhan untuk menguji efisiensi alat mereka. “Saya ingin memasang pembangkit tenaga angin kami di National Stadium baru,” kata Shimizu kepada CNN.

“Atau di Tokyo Tower karena Menara Eiffel memasang pembangkit tenaga angin tahun lalu saat event COP21,” tambahnya.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge