0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paska Genangan, Ini Desakan Dewan kepada Pemkot

dok.timlo.net/setyo pujis
Banjir menggenang kawasan Kadipiro, Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kalangan legislatif mendesak Pemkot Solo untuk segera merampungkan perbaikan drainase yang saat ini sedang dikerjakan. Desakan ini muncul lantaran tingginya genangan yang terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Kota Solo pada Minggu (2/10) kemarin.

“Kemarin itu hujan deras. Tapi, kondisi Kali Pepe dan Kali Anyar normal. Anehnya, justru di beberapa titik muncul genangan,” terang Ketua Komisi II DPRD Kota Solo, YF Sukasno, Senin (3/10).

Kawasan Jalan A Yani tepatnya di Depan Terminal Tirtonadi, kata Sukasno, termasuk paling parah saat hujan kemarin. Ini dikarenakan, tidak berfungsinya saluran inlet yang ada di kawasan tersebut. Jika inlet berfungsi maksimal, maka genangan di kawasan tersebut tidak akan terjadi.

Lokasi lain, terang Politikus PDI Perjuangan ini, adalah di Jalan Gajah Mada tepatnya di Kawasan Monumen Pers Solo. Genangan di kawasan tersebut tak juga segera surut lantaran laju air tidak maksimal. Disisi lain, resapan yang ada di kawasan tersebut juga sangat kurang

“Untuk kawasan Terminal Tirtonadi, inletnya gak fungsi meski pedestriannya sangat bagus. Itu percuma saja. Termasuk di Kawasan Monumen Pers Solo juga ngecembeng gak segera mengalir airnya,” ungkap Sukasno.

Mengatasi hal tersebut, Sukasno meminta Pemkot untuk melakukan kajian dimasing-masing kawasan yang tergenang. Supaya upaya yang dilakukan dapat maksimal mengatasi masalah tersebut.

“Mengatasinya beda-beda, jangan disamakan. Dari kasus itu saja dapat ditarik kesimpulan, kalau yang kawasan Tirtonadi dimaksimalkan fungsi inletnya dan di Monumen Pers itu diberi resapan air atau keduk walet,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge